Jadwal kegiatan Konferensi Tahunan tentang Keadilan Sosial 2019

Pada tanggal 4 hingga 5 Desember 2019, bertempat di Hotel Neo, Eltari Kupang, kurang lebih 80 peneliti, akademisi, birokrat dan aktivis dari berbagai daerah di Indonesia akan hadir dalam Konferensi Tahunan tentang Keadilan Sosial 2019. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Indonesia Social Justice Network (ISJN), dan diselenggarakan bekerja sama dengan Institute of Resource Governance and Social Change (IRGSC), Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi NTT, dan Universitas Katholik Widya Mandira.

Kegiatan ini akan didahului dengan Kunjungan Budaya pada tanggal 3 Desember 2019. Dari siang hingga sore hari, para peserta konferensi akan diajak untuk mengunjungi tempat pembuatan Sasando – alat musik tradisional NTT – di Oebelo, Kabupaten Kupang. Setelah dari Oebelo, para peserta konferensi akan melakukan tur ke kota Kupang lama, Dekranasda dan Museum. Di malam hari, akan diadakan pentas budaya pembuka dan makan malam bersama (Gala Dinner) Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, M.Si, yang rencananya dilangsungkan di OCD Beach Cafe, Lasiana.

Pada tanggal 4 Desember 2019, upacara pembukaan konferensi dimulai pada pukul 08.30 WITA. Pembukaan akan ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Presidium ISJN, Andi Ahmad Yani, S.Sos, M.Si, M.PA., M.Sc, didampingi oleh Ketua Panitia konferensi, Dominggus Elcid Li, Ph.D, dan Anggota Komisi XI DPR RI, Elnino M. Husein Mohi, ST, M.Si.

Pembukaan konferensi kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speech (Ceramah Kunci) yang mengupas tema utama penyelenggaraan konferensi, yakni “Membahas Ulang Perikemanusiaan dan Keadilan Sosial dalam Era Perang Dagang di Republik Indonesia”. Yang menjadi Keynote Speakers adalah Pdt. Ira Mangililo, Ph.D (Universitas Kristen Artha Wacana), Hendro Sangkoyo (School of Democratic Economics), Rimawan Pradiptyo SE, M.Sc., Ph.D (FEB, Universitas Gadjah Mada), Riwanto Tirtosudarmo (LIPI), dan Elnino M. Husein Mohi, ST. M.Si (Anggota Komisi XI DPR RI). Keynote Speech ini akan dimoderatori oleh Direktur IRGSC, Dominggus Elcid Li, Ph.D.

Setelah Keynote Speech, akan diadakan presentasi makalah-makalah yang telah dikirimkan para peserta konferensi. Presentasi makalah tersebut akan dilangsungkan secara paralel, dan membahas topik-topik utama seperti “Negara, Pendidikan dan Kewarganegaraan”, “Menuju Pendidikan Inklusif”, “Disabilitas dan Kesehatan”, “Menakar Ulang Keadilan Sosial dan Memahami Kerentanan”, “Kesehatan, Masyarakat, dan Kebijakan Publik”, serta “Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial”.

Di hari terakhir, 5 Desember 2019, kegiatan akan dibuka dengan diskusi panel tentang “Memahami Pasar dan Promosi Kesejahteraan dari Bawah” . Diskusi ini akan dimoderatori oleh George Hormat Kulas, menghadirkan pembicara Pdt. David A. N. Fina (Yayasan Alfa Omega), Hanna Keraf (DuAnyam Enterprise), dan Dr. Mohammad Amin, M.Sn, MA (Badan Ekonomi Kreatif). Setelah diskusi panel, kegiatan akan dilanjutkan dengan presentasi makalah dalam topik-topik antara lain “Air, Lingkungan dan Dinamika Sosial”, “Gender dan Politik”, “Penanggulangan Kemiskinan dan Inklusi Sosial”, “Migrasi, Peta Kerentanan dan Perdagangan Orang”, dan sejumlah topik lain.

Di penghujung kegiatan konferensi, catatan penutup akan disampaikan oleh Dr. Philipus Tulle, SVD (Rektor Universitas Katholik Widya Mandira), dan kemudian ditutup secara resmi oleh Ketua Presidium ISJN, bapak Andi Ahmad Yani.

Jadwal lengkap penyelenggaraan Konferensi Tahunan tentang Keadilan Sosial 2019 dapat diunduh pada tautan berikut.

Share This Post