Seminar Nasional Dampak Siklon Seroja pada Bangunan dan Infrastruktur di Nusa Tenggara Timur

Seminar nasional tentang dampak Siklon Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terjadi pada tanggal 4 dan 5 April lalu, akan diadakan pada tanggal 17 Mei 2021 mendatang. Seminar ini menjadi sebuah forum bagi peneliti, pengambil kebijakan, aktivis, serta organisasi kesukarelawanan untuk mengetahui lebih jauh tentang pola kerusakan yang ditimbulkan Siklon Seroja pada bangunan dan infrastruktur di NTT, dan juga membahas strategi teknis membangun rumah aman siklon.

Dalam seminar dimaksud, sejumlah peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandira, Universitas Nusa Cendana, Politeknik Negeri Kupang, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan hadir menyajikan hasil survei dan assessment lapangan yang telah dilakukan untuk mengetahui pola kerusakan akibat bencana ini. Pertanyaan utama yang akan dibahas bersama adalah:

  • Bagaimana pola kerusakan bangunan dan infrastruktur akibat Siklon Seroja di NTT pada 4-5 April 2021 lalu?
  • Bagaimana retrofitting bangunan dan strategi teknis membangun rumah aman siklon di Indonesia?

Seminar ini diadakan sebagai hasil kerjasama antara peneliti dari Resilience Development Initiative, Charles Darwin University, IRGSC, Institut Teknologi Bandung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Universitas Nusa Cendana, Universitas Katolik Widya Mandira, dan Politeknik Negeri Kupang.

Seminar akan diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada hari Senin, 17 Mei 2021, jam 14.00 – 16.00 WIB (GMT +7). Bagi yang berminat untuk mengikuti seminar ini dapat melalukan registrasi terlebih dahulu melalui tautan di bawah, dan juga bisa mengikuti siarannya di YouTube.Informasi lebih rinci dapat dilihat pada flyer yang tersedia.

Tautan untuk registrasi

Tautan untuk siaran via YouTube

Share This Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *